4 Cara Menonaktifkan Layanan Google Play Dengan Mudah

  • mikrotekno
  • Mar 16, 2024

Mikrotekno.com – Google play services merupakan komponen yang sangat penting pada perangkat Android untuk menghubungkan aplikasi dengan layanan Google. Berikut ini 3 cara menonaktifkan layanan Google Play Dengan mudah.

Alasan Kenapa Kamu Harus Nonaktifkan Layanan Google Play

Sebelum masuk ke pembahasan utama bagaimana cara mudah untuk nonaktifin layanan berikut ini, alangkah baiknya jika kamu tahu alasannya terlebih dahulu.

Ini dia beberapa alasan utamanya :

1. Hemat Baterai dan Data

Layanan google play biasanya akan berjalan di latar belakang untuk melakukan sinkronisasi data dan juga pembaruan aplikasi.

Dengan melakukan hal ini, tentu saja akan menguras baterai jadi lebih cepat.

Selain itu, jika kamu menggunakan paket data yang terbatas, pembaruan aplikasi akan menggunakan data yang banyak sehingga akan meningkatkan penggunaan data atau kuota kamu.

2. Privasi dan Keamanan

Selanjutnya, layanan google play juga memungkinkan Google untuk mengumpulkan data data seperti penggunaan aplikasi, lokasi, dan lainnya yang mungkin saja tidak nyaman bagi para pengguna.

Selain itu, menonaktifkan lyanan juga memberikan lebih banyak kontrol atas aplikasi dan layanan apa saja yang berjalan di perangkat para pengguna.

3. Performa Perangkat

Pada perangkat dengan spesifikasi low end, menonaktifkan Layanan Google Play bisa membantu meningkatkan performa dengan mengurangi beban pada prosesor dan juga RAM perangkat.

Dengan begini, perangkat bisa saja beroperasi lebih lancar dan responsif daripada sebelumnya.

4. Personalisasi Pengguna

Terakhir, dengan menonaktifkan ini, kamu sebagai pengguna juga mungkin lebih bisa melakukan eksplor pada sistem operasi lain dan mengurangi ketergantungan pada ekosistem Google.

Baca Juga 7 Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Hilang di Android

Cara Menonaktifkan Layanan Google Play Dengan Mudah

Cara Menonaktifkan Layanan Google Play

Setelah mengetahui alasan kenapa kamu perlu tahu cara menonaktifkan layanan Google Play, kini kamu siap untuk mengetahui langkah langkahnya.

Metode ini sebenernya terbilang mudah dan kami yakin semua orang pasti bisa melakukannya.

Namun, jika kamu tidak tahu, ini dia cara cara yang bisa kamu ikuti.

1. Pertimbangkan Konsekuensi Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan tindakan apapun yang terkait penonaktifan layanan Google play, alangkah baiknya jika kamu mempertimbangkan konsekuensinya terlebih dahulu.

2. Backup Data

Setelah mengetahui konsekuensinya, kamu juga perlu melakukan backup data perangkat kamu terlebih dahulu.

Untuk bisa melakukan backup data, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu :

2.1 Gunakan Google Drive

  • Buka aplikasi ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’ di perangkatmu.
  • Cari dan pilih ‘System’ (Sistem), lalu tap pada ‘Backup’ (Cadangkan). Opsi ini mungkin berbeda tergantung pada versi Android dan merk perangkat.
  • Pastikan ‘Backup to Google Drive’ (Cadangkan ke Google Drive) aktif. Jika belum, aktifkan opsi ini.
  • Tap pada ‘Back up now’ (Cadangkan sekarang) untuk memulai proses backup data ke akun Google Drive-mu.

2.2 Backup Manual ke Komputer

  • Sambungkan perangkat Android ke komputer menggunakan kabel USB.
  • Di perangkat Android, pilih opsi ‘File Transfer’ (Transfer Berkas) jika diminta.
  • Buka ‘File Explorer’ di komputer dan akses perangkat Androidmu. Kamu akan melihat folder seperti ‘Internal Storage’ atau ‘SD Card’.
  • Salin folder dan file yang diinginkan ke komputer sebagai backup.

2.3 Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

  • Terdapat berbagai aplikasi backup di Play Store yang bisa membantu kamu melakukan backup data, seperti kontak, pesan, aplikasi, dan lainnya. Contohnya adalah Titanium Backup (memerlukan akses root) atau Helium.

3. Nonaktifkan Melalui Pengaturan Aplikasi

Untuk bisa menonaktifkan layanan Google Play, kamu bisa melalui pengaturan pada aplikasi kamu.

  1. Buka Pengaturan: Masuk ke menu ‘Settings’ di perangkat Androidmu.
  2. Manajemen Aplikasi: Cari opsi seperti ‘Apps’ atau ‘Application Manager’.
  3. Temukan Layanan Google Play: Gulir atau gunakan fitur pencarian untuk menemukan ‘Google Play Services’.
  4. Menonaktifkan Layanan: Ketuk ‘Disable’ atau pilihan serupa. Jika opsi ini tidak tersedia atau dikaburkan, kamu mungkin perlu mengambil langkah tambahan untuk mendapatkan akses, seperti mengaktifkan opsi pengembang.

4. Melalui Opsi Pengembang

Selain itu, kamu juga bisa melalui opsi pengembang dimana cara ini bisa dilakukan hanya jika diperlukan saja ya.

  1. Aktifkan Developer Options: Pergi ke ‘About Phone’ di pengaturan, temukan ‘Build Number’ dan ketuk beberapa kali sampai kamu mendapatkan notifikasi bahwa Developer Options telah diaktifkan.
  2. Buka Developer Options: Kembali ke menu pengaturan utama, cari dan buka opsi pengembang yang baru diaktifkan.
  3. Nonaktifkan Otomatis Update Sistem: Cari dan nonaktifkan pengaturan yang memungkinkan pembaruan sistem otomatis.

Pertimbangan Sebelum Menonaktifkan

Setelah kamu mengetahui Cara Menonaktifkan Layanan Google Play, alangkah baiknya jika kamu mempertimbangkan beberapa konsekuensinya sebagai berikut ini :

1. Dampak pada Aplikasi dan Layanan

Banyak aplikasi, termasuk yang bukan berasal dari Google, bergantung pada Layanan Google Play untuk berbagai fungsi seperti notifikasi push, verifikasi lisensi, dan layanan lokasi.

Layanan seperti Maps, Gmail, dan YouTube mungkin tidak berfungsi seperti biasanya atau sama sekali tidak dapat diakses tanpa Layanan Google Play.

2. Masalah Keamanan dan Pembaruan

Layanan Google Play memainkan peran penting dalam mengelola pembaruan keamanan dan aplikasi. Menonaktifkannya dapat menghentikan pembaruan penting yang melindungi perangkat dan data dari ancaman.

Tanpa Layanan Google Play, aplikasi mungkin tidak akan menjalani verifikasi keamanan yang sama, meningkatkan risiko menginstal aplikasi berbahaya.

3. Pengaruh terhadap Fungsionalitas Perangkat

Beberapa fitur inti perangkat, seperti sinkronisasi kontak, backup, dan lainnya, mungkin terhambat.

Meskipun menonaktifkan Layanan Google Play bisa meningkatkan performa pada perangkat dengan spesifikasi rendah, hal ini juga bisa memperlambat atau menghentikan fungsionalitas penting.

4. Pertimbangan Legal dan Etis

Menonaktifkan atau memodifikasi Layanan Google Play mungkin melanggar ketentuan layanan yang disetujui saat pertama kali mengatur perangkat.

Menggunakan aplikasi atau metode alternatif untuk menonaktifkan layanan bisa melibatkan perangkat lunak yang melanggar hak cipta atau lisensi penggunaan.

Tips Terkait dengan Layanan Google Play

Cara Menonaktifkan Layanan Google Play

Jika maksud dan tujuan kamu adalah untuk mengurangi penggunaan data dan juga baterai, atau hanya untuk sekedar soal privasi tanpa perlu menonaktifkan layanan Google Play.

Kamu bisa mempertimbangkan beberapa alternatif atau tips terkait dengan Cara Menonaktifkan Layanan Google Play berikut ini :

1. Mengatur Ulang Preferensi Aplikasi dan Notifikasi

Atur batasan penggunaan data untuk Layanan Google Play di pengaturan data seluler untuk mengurangi penggunaan data latar belakang.

Buka pengaturan aplikasi dan sesuaikan atau nonaktifkan notifikasi untuk Layanan Google Play untuk mengurangi gangguan.

2. Mengoptimalkan Pengaturan Baterai

Gunakan fitur pemantauan baterai bawaan Android untuk mengidentifikasi dan menghentikan proses Layanan Google Play yang mengonsumsi baterai secara berlebihan.

Aktifkan mode hemat baterai untuk membatasi sinkronisasi latar belakang dan penggunaan data oleh aplikasi, termasuk Layanan Google Play.

3. Menggunakan Aplikasi Privasi

Gunakan aplikasi firewall yang tidak memerlukan akses root, seperti NetGuard, untuk mengontrol akses internet aplikasi, termasuk Layanan Google Play.

Gunakan aplikasi atau fitur bawaan untuk mengelola izin yang diberikan kepada Layanan Google Play, membatasi akses ke lokasi, kontak, dan data pribadi lainnya.

4. Memilih Layanan Alternatif

Cari alternatif untuk layanan yang disediakan oleh Google yang mungkin tidak memerlukan Layanan Google Play, seperti peta, email, dan penyimpanan cloud.

Pertimbangkan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi secara manual melalui APK dari sumber terpercaya untuk menghindari penggunaan Google Play Store.

5. Mengaktifkan Mode Terbatas atau Profil Pengguna

Beberapa perangkat menawarkan mode terbatas yang membatasi akses dan fungsionalitas aplikasi, termasuk Layanan Google Play.

Buat profil pengguna baru dengan akses aplikasi yang dibatasi untuk penggunaan yang lebih terkontrol dan privat.

6. Nonaktifkan Pembaruan Otomatis Aplikasi

Buka pengaturan di Google Play Store dan nonaktifkan pembaruan otomatis aplikasi untuk mengurangi aktivitas latar belakang oleh Layanan Google Play.

Kesimpulan

Menonaktifkan Layanan Google Play mungkin diperlukan untuk alasan privasi, keamanan, atau untuk menghemat baterai dan data.

Namun, langkah ini memiliki konsekuensi terhadap fungsi perangkat dan aplikasi tertentu.

Pastikan untuk mempertimbangkan semua faktor dan membuat cadangan data sebelum melakukan proses ini.

Dengan mengikuti panduan ini, kamu dapat menonaktifkan Layanan Google Play sesuai dengan kebutuhanmu.