Cara Foto Shutter Speed di Android Dengan Mudah

  • mikrotekno
  • Mei 10, 2023

Mikrotekno.com –¬†Shutter speed adalah salah satu pengaturan kamera yang paling penting yang bisa kamu manipulasi untuk mendapatkan efek foto yang berbeda. Cara foto shutter speed di Android bisa di cari tahu dengan mudah.

Dalam fotografi, shutter speed atau kecepatan rana mengacu pada lama waktu saat shutter kamera terbuka saat mengambil gambar.

Memahami Shutter Speed

Sebelum kita masuk ke cara mengatur shutter speed di Android, penting untuk memahami apa itu dan bagaimana itu bekerja.

Apa itu Shutter Speed?

Shutter speed mengacu pada waktu yang diperlukan untuk menutup dan membuka kembali shutter kamera. Dengan kata lain, ini adalah seberapa cepat kamera kamu menangkap foto.

Mengapa Shutter Speed Penting?

Shutter speed mempengaruhi sejauh mana pencahayaan dalam foto kamu. Kecepatan rana yang lebih lambat akan membiarkan lebih banyak cahaya masuk, membuat foto kamu lebih terang. Sebaliknya, kecepatan rana yang lebih cepat akan membiarkan lebih sedikit cahaya, membuat foto kamu lebih gelap.

Baca Juga Cara Buka File BIN di Android

Akses Pengaturan Kamera di Android

Berikut adalah cara mengakses pengaturan kamera di Android.

Buka Aplikasi Kamera

Buka aplikasi kamera di Android kamu dengan mengetuk ikon kamera.

Masuk ke Pengaturan Kamera

Ketuk ikon roda gigi atau tiga garis horizontal di pojok atas atau bawah layar untuk masuk ke pengaturan kamera.

Mengatur Shutter Speed di Android

Berikut adalah cara mengatur shutter speed di Android.

Cari Pengaturan Shutter Speed

Dalam menu pengaturan, cari pengaturan shutter speed. Ini mungkin disebut “shutter speed,” “exposure time,” atau sesuatu yang serupa.

Atur Shutter Speed

Ketuk pengaturan shutter speed dan pilih kecepatan rana yang kamu inginkan. Pilihan kamu mungkin terbatas tergantung pada perangkat dan aplikasi kamera yang kamu gunakan.

Tips Menggunakan Shutter Speed di Android

Berikut adalah beberapa tips tentang cara menggunakan shutter speed di Android.

Gunakan Tripod

Jika kamu menggunakan kecepatan rana yang lebih lambat, gambar kamu mungkin bergetar karena getaran tangan. Untuk menghindari ini, gunakan tripod saat mengambil foto.

Eksperimen dengan Pengaturan Berbeda

Jangan takut untuk bereksperimen dengan pengaturan shutter speed yang berbeda. Cobalah mengambil foto dengan kecepatan rana yang berbeda dan lihat hasilnya.

Baca Juga Panduan Lengkap Cara Instal Game di Android TV Box

Aplikasi Android untuk Kontrol Shutter Speed

Meskipun beberapa perangkat Android memiliki pengaturan shutter speed bawaan, tidak semua perangkat memiliki fitur ini. Untungnya, ada beberapa aplikasi kamera Android yang memungkinkan kamu untuk mengontrol shutter speed.

Manual Camera

Cara foto shutter speed di Android

Aplikasi Manual Camera ini menawarkan kontrol penuh atas semua pengaturan kamera kamu, termasuk shutter speed. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang mudah digunakan, sehingga cocok untuk pemula dan profesional.

ProShot

ProShot adalah aplikasi kamera lain yang memberikan kontrol penuh atas shutter speed. Fitur lainnya termasuk mode manual, semi-manual, atau otomatis, pengaturan ISO, balance putih, eksposur, dan banyak lagi.

Camera FV-5

Cara foto shutter speed di Android

Camera FV-5 adalah aplikasi kamera profesional untuk perangkat mobile yang menempatkan kontrol DSLR seperti di ujung jari kamu. Ini memberikan kamu kontrol atas semua pengaturan kamera termasuk shutter speed.

Open Camera

Cara foto shutter speed di Android

Open Camera adalah aplikasi kamera open source yang gratis dan penuh fitur. Aplikasi ini menawarkan kontrol manual atas pengaturan kamera termasuk shutter speed.

Selain itu, Open Camera juga menyediakan fitur lain seperti fokus manual, mode burst, pilihan format file (termasuk RAW), dan masih banyak lagi. Aplikasi ini sangat populer di kalangan fotografer smartphone karena fleksibilitas dan kontrol yang ditawarkannya.

Footej Camera

Cara foto shutter speed di Android

Footej Camera adalah aplikasi kamera Android premium yang menawarkan kontrol manual atas shutter speed, fokus, dan ISO. Aplikasi ini memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah dipahami, membuatnya cocok untuk pengguna dari semua tingkat keahlian.

Dan lagi, Footej Camera juga mendukung format file RAW, timelapse, dan mode burst, memberikan lebih banyak pilihan kreatif untuk fotografer.

Potensi Masalah dan Solusinya

Saat kamu mencoba untuk mengatur shutter speed di Android, kamu mungkin menemui beberapa masalah. Berikut adalah beberapa potensi masalah dan cara mengatasinya.

Opsi Shutter Speed Tidak Tersedia

Tidak semua perangkat Android memiliki opsi untuk mengubah shutter speed. Jika ini masalahnya, kamu bisa mencoba menggunakan salah satu aplikasi yang disebutkan di atas.

Gambar Gelap atau Terang

Jika gambar kamu terlalu gelap atau terang setelah mengubah shutter speed, coba atur ulang ke pengaturan default atau coba pengaturan yang berbeda.

Kesimpulan

Mengubah shutter speed di Android memungkinkan kamu untuk mengambil foto dengan lebih banyak kontrol dan kreativitas. Dengan mengikuti panduan ini, kamu bisa memahami cara mengubah shutter speed di Android dan mulai mengambil foto yang lebih menarik. Jangan lupa untuk bereksperimen dengan pengaturan yang berbeda dan menggunakan aplikasi kamera manual jika perangkat kamu tidak memiliki opsi shutter speed. Selamat berkreasi dengan fotografi!