Cara Membuat Nama di Samping Ikon Baterai Android

  • mikrotekno
  • Jan 30, 2024

Mikrotekno.com – Memodifikasi tampilan di Android sesuai dengan keinginan pribadi pasti sangatlah bagus termasuk cara membuat nama di samping ikon Baterai Android kan ?

Modifikasi tampilan berikut ini bisa terbilang salah satu modifikasi yang menarik karena kamu bisa saja menambahkan nama kamu di samping ikon.

Keunikan Membuat Nama di Android

Menambahkan nama kamu atau teks khusus di samping baterai di Android kamu bukan cuma tentang estetika atau keindahan. Namun juga membawa beberapa manfaat. Diantara lain :

1. Personalisasi Perangkat

Menambahkan nama kamu di perangkat Android tentu saja akan memberikan sentuhan pribadi yang unik pada perangkat kamu. Dengan begini, kamu bisa membedakan perangkat kamu dengan perangkat orang lain.

Selain itu, ini juga bisa jadi salah satu cara kreatif bagi kamu untuk mengekspresikan kepribadian kamu dan juga preferensi kamu masing masing.

2. Lebih Mudah Mengidentifikasi

Dengan menambahkan nama juga bisa membuat kamu lebih mengenali perangkat kamu. Hal ini karena ada banyak orang yang menggunakan perangkat Android.

Kamu hanya tinggal membuka HP kamu dan melihat nama yang muncul di samping tombol baterai kamu kan. Jadi kamu langsung bisa mengenali perangkat kamu.

3. Fungsi Tambahan

Selain nama, tentu saja kamu bisa menambahkan hal lain seperti tanggal, pengingat penting ataupun status lainnya.

Kamu juga bisa menambahkan kontak darurat sehingga apabila HP Kamu hilang, orang yang akan menemukan HP kamu bisa langsung menghubungi kamu melalui kontak darurat.

4. User Experience yang Bagus

Terakhir, manfaat yang akan kamu rasakan jika mencoba cara ini, kamu bisa mendapatkan pengalaman pengguna yang jauh lebih baik karena kamu akan merasakan efisiensi yang jauh lebih baik, menarik perhatian, kebebasan dalam melakukan customisasi dan lain lain.

Baca Juga Cara Melihat Voice Note Whatsapp Yang Terhapus

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu Cara Membuat Nama di Samping Ikon Baterai Android adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga dimana kamu perlu instal aplikasi ini dari Google Play Store.

Untuk bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu bisa coba cara ini :

1. Menemukan Aplikasi yang tepat

Jika kamu bingung untuk download aplikasi apa di Google Play Store, maka kamu bisa mencoba mencari aplikasi customisasi seperti Zedge, KGWT ataupun Nova Launcher.

Selanjutnya, kamu bisa mencoba untuk membaca review atau ulasan sebelum instal aplikasi agar kamu bisa mendapatkan aplikasi terbaik.

Hal ini karena review atau ulasan merupakan testimoni langsung dan yang paling benar dari para pengguna sehingga bisa meminimalisir hal hal yang tidak kita inginkan.

2. Ikuti Langkah Instalasi

Selanjutnya, kamu bisa langsung saja download aplikasi aplikasi tersebut dan mengikuti langkah instalasi. Biasanya melakukan instalasi sangatlah mudah dilakukan.

Jika sudah, kamu bisa berikan izin yang diperlukan seperti izin menggunakan media, kamera dan lain lain. Kamu bisa mengizinkan semua atau hanya beberapa hal saja.

3. Cek dan Manfaatkan Fitur Yang Tersedia

Apabila aplikasi sudah berhasil kamu instal, selanjutnya kamu bisa buka aplikasi dan mulai melakukan eksplorasi berbagai fitur yang ditawarkan termasuk pilihan widget, tema, ikon dan lain lain.

Biasanya jika kamu ingin mengkustomisasi nama di samping ikon baterai, kamu bisa mencoba mencari widget khusus yang menawarkan ikon baterai untuk di kustomisasi.

4. Update Aplikasi

Jika sudah menemukan, maka hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga dan selalu mengupdate aplikasi.

Update pada aplikasi tentu akan memberikan banyak manfaat salah satunya adalah memberikan perlindungan ekstra, menambahkan fitur baru serta mengurangi bug yang terjadi di aplikasi.

Tips Tambahan

Cara Membuat Nama di Samping Ikon Baterai Android bisa dibilang menjadi langkah bagus dan menarik dimana kamu bisa melakukan personalisasi perangkat Android kamu.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu kamu dalam proses ini :

1. Memilih Aplikasi Yang Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika kamu perlu melakukan riset untuk menemukan aplikasi yang paling sesuai untuk kebutuhan kamu.

Selalu baca ulasan baik negatif dan positif agar kamu semakin yakin untuk menggunakan aplikasi tersebut.

2. Desain Dan Estetika

Pilih desan dan warna sesuai dengan tema atau wallpaper HP kamu. Ini akan membantu nama yang ditambahkan jadi terlihat lebih bagus.

Kamu juga bisa pastikan ukuran dan warna font mudah dibaca dan tidak terlalu dominan atau mengganggu tampilan ikon lainnya ya.

3. Posisi dan Penempatan

Tempatkan nama kamu di lokasi yang tentu saja tidak akan mengganggu informasi penting pada layar. Bisa saja di bagian samping atau atas ikon baterai.

Selain itu, disarankan untuk tidak menambahkan terlalu banyak teks atau ornamen agar terhindar dari layar yang terlalu ramai atau berantakan.

4. Lakukan Uji Coba

Selanjutnya, sebelum menerapkan perubahan, sebaiknya kamu melakukan uji coba terlebih dahulu atau preview guna melihat bagaimana tampilan yang akan tampil pada layar.

Jika diperlukan, lakukanlah beberapa penyesuaian tambahan agar hasilnya semakin memuaskan.

5. Penggunaan Baterai dan Performa

Terakhir, pastika bahwa kustomisasi yang kamu lakukan tidak terlalu membebani penggunaan baterai karena hal ini bisa mempercepat usia baterai.

Desain yang simpel akan memberikan pengaruh pada performa perangkat kamu sehingga disarankan agar tampilan yang lebih simpel.