Cara Hapus Cache di iPhone untuk Meningkatkan Performa dan Ruang Penyimpanan

  • mikrotekno
  • Apr 14, 2023

Mikrotekno.com –¬†iPhone merupakan salah satu smartphone yang paling populer di dunia. Namun, seiring berjalannya waktu, kamu mungkin akan mengalami penurunan performa dan kehabisan ruang penyimpanan pada perangkat iPhone kamu. Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengikuti cara hapus cache di iPhone berikut ini.

Mengapa Kamu Harus Menghapus Cache di iPhone

Ada 2 alasan penting kenapa kamu harus tahu bagaimana bisa menghapus cache di smartphone yang kamu miliki terutama iPhone. Alasan utamanya adalah sebagai berikut ini :

Meningkatkan Performa iPhone

Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi dan situs web untuk mempercepat proses pemuatan. Namun, cache yang terlalu banyak dapat menyebabkan penurunan performa iPhone kamu. Dengan menghapus cache, kamu bisa membantu meningkatkan performa perangkat kamu.

Menghemat Ruang Penyimpanan

Cache juga bisa memakan ruang penyimpanan yang cukup besar. Jika kamu sering mengalami kehabisan ruang penyimpanan, menghapus cache adalah cara yang efektif untuk mengosongkan beberapa ruang.

Baca Juga Cara Hapus Kontak di iPhone dengan Mudah dan Cepat

Beberapa Cara Hapus Cache di iPhone Terlengkap

Nah buat kamu yang penasaran, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus cache yang ada di iPhone kamu guna meningkatkan performa iPhone menjadi lebih baik lagi.

Cara Hapus Cache di Browser Safari

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus cache data yang ada di dalam browser safari kamu. Hal ini berguna untuk menghemat penyimpanan iPhone kamu dan juga meningkatkan kinerjanya.

Menghapus Cache dan Data Situs Web

  1. Buka aplikasi “Settings” pada iPhone kamu.
  2. Gulir ke bawah dan pilih “Safari.”
  3. Pilih “Clear History and Website Data.”
  4. Konfirmasi dengan mengetuk “Clear History and Data” pada popup yang muncul.

Menghapus Cache untuk Situs Web Tertentu

  1. Buka aplikasi “Settings” pada iPhone kamu.
  2. Gulir ke bawah dan pilih “Safari.”
  3. Pilih “Advanced” di bagian bawah menu.
  4. Ketuk “Website Data” untuk melihat daftar situs web yang menyimpan data pada perangkat kamu.
  5. Untuk menghapus data situs web tertentu, geser ke kiri pada situs web yang ingin dihapus dan ketuk “Delete.”

Cara Hapus Cache di Aplikasi Tertentu

Selain menghapus cache di browser, cara hapus cache di iPhone selanjutnya adalah dengan menghapus cache yang ada di aplikasi tertentu.

Menggunakan Fitur “Offload App”

  1. Buka aplikasi “Settings” pada iPhone kamu.
  2. Pilih “General,” lalu “iPhone Storage.”
  3. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya.
  4. Ketuk “Offload App” dan konfirmasi pilihan kamu. Ini akan menghapus aplikasi dan semua data cache-nya, namun data penting dan dokumen akan tetap ada.
  5. Setelah proses selesai, kamu dapat menginstal ulang aplikasi dari App Store.

Menghapus Cache Melalui Pengaturan Aplikasi

Beberapa aplikasi menyediakan opsi untuk menghapus cache melalui pengaturan aplikasi tersebut. Contohnya, aplikasi Instagram:

  1. Buka aplikasi Instagram dan ketuk ikon profil di pojok kanan bawah.
  2. Ketuk ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas, lalu pilih “Settings.”
  3. Gulir ke bawah dan pilih “Security.”
  4. Ketuk “Clear Search History,” lalu konfirmasi dengan mengetuk “Clear All.”

Menghapus Cache Sistem secara Keseluruhan

Sayangnya, tidak ada opsi bawaan di iOS untuk menghapus cache sistem secara keseluruhan. Namun, kamu dapat mencoba metode berikut untuk membersihkan sebagian cache sistem:

Melakukan Hard Reset

Hard reset dapat membersihkan sebagian kecil cache sistem dan meningkatkan performa iPhone kamu. Berikut cara hapus cache di iPhone dengan melakukan hard reset.

  1. Untuk iPhone 8 dan yang lebih baru: Tekan dan lepaskan cepat tombol Volume Up, tekan dan lepaskan cepat tombol Volume Down, kemudian tekan dan tahan tombol Power sampai logo Apple muncul.
  2. Untuk iPhone 7 dan 7 Plus: Tekan dan tahan tombol Volume Down dan tombol Power secara bersamaan sampai logo Apple muncul.
  3. Untuk iPhone 6s dan yang lebih lama: Tekan dan tahan tombol Home dan tombol Power secara bersamaan sampai logo Apple muncul.

Menggunakan Aplikasi Pembersih Cache Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pembersih cache di iPhone pihak ketiga yang dapat membantu kamu menghapus cache pada iPhone. Namun, penting untuk memilih aplikasi yang aman dan tepercaya. Berikut beberapa aplikasi pembersih cache yang populer dan dapat diandalkan:

PhoneCleaner

Cara hapus cache di iPhone

PhoneCleaneradalah aplikasi pembersih iPhone yang aman dan efisien. Aplikasi ini dapat menghapus berbagai jenis file sampah, termasuk cache, file sementara, dan lainnya. Untuk menggunakan PhoneClean:

  1. Unduh dan instal PhoneClean pada komputer kamu.
  2. Sambungkan iPhone kamu ke komputer menggunakan kabel USB.
  3. Jalankan PhoneClean dan pilih mode pembersihan yang diinginkan.
  4. Ikuti instruksi di layar untuk membersihkan cache dan file sampah lainnya.

iMyFone Umate Pro

Cara hapus cache di iPhone

iMyFone Umate Pro adalah aplikasi pengoptimalan iPhone yang dapat membantu kamu menghapus cache, file sementara, dan data yang tidak perlu lainnya. Cara menggunakannya:

  1. Unduh dan instal iMyFone Umate Pro pada komputer kamu.
  2. Sambungkan iPhone kamu ke komputer menggunakan kabel USB.
  3. Buka iMyFone Umate Pro dan pilih fitur “1-Click Free Up Space.”
  4. Klik “Quick Scan” untuk memindai iPhone kamu, lalu ikuti instruksi untuk menghapus cache dan file sampah.

Baca Juga Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Dengan Mudah

Manfaat Menghapus Cache di iPhone

Tentu saja car ahapus cache di iPhone memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna dan performa perangkat. Berikut ini beberapa manfaat utama dari menghapus cache di iPhone:

  1. Meningkatkan Performa: Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi dan situs web untuk mempercepat proses pemuatan. Namun, seiring waktu, cache yang terakumulasi dapat menyebabkan penurunan performa iPhone kamu. Dengan menghapus cache secara berkala, kamu dapat membantu menjaga performa iPhone tetap optimal.
  2. Menghemat Ruang Penyimpanan: Cache dapat memakan ruang penyimpanan yang cukup besar. Jika kamu sering mengalami kehabisan ruang penyimpanan, menghapus cache adalah cara yang efektif untuk mengosongkan beberapa ruang. Dengan lebih banyak ruang penyimpanan, kamu dapat menginstal lebih banyak aplikasi, menyimpan foto, video, dan data lainnya.
  3. Mengurangi Masalah Aplikasi: Terkadang, data cache yang rusak atau usang dapat menyebabkan masalah dalam aplikasi, seperti crash, pemuatan yang lambat, atau masalah lainnya. Menghapus cache dapat mengatasi masalah ini dan membantu aplikasi berfungsi dengan baik.
  4. Privasi: Cache juga menyimpan data pribadi dan informasi browsing yang mungkin ingin kamu hapus untuk menjaga privasi. Dengan menghapus cache, kamu dapat memastikan bahwa informasi pribadi kamu tidak tersimpan di perangkat.
  5. Pembaruan Aplikasi: Ketika aplikasi diperbarui, terkadang data cache lama tidak lagi kompatibel dengan versi baru aplikasi, yang dapat menyebabkan masalah. Dalam kasus seperti ini, menghapus cache aplikasi tersebut dapat mengatasi masalah yang muncul.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, menghapus cache di iPhone adalah praktik yang baik untuk menjaga perangkat kamu tetap optimal, menghemat ruang penyimpanan, dan mengurangi masalah aplikasi. Melakukan pembersihan cache secara teratur akan membantu menjaga iPhone kamu tetap berfungsi dengan baik dan memastikan pengalaman pengguna yang lebih lancar.