Cara Memindahkan Data Dari HP Lama ke HP Baru Samsung

  • mikrotekno
  • Feb 27, 2023

Mikrotekno.com – Kita hidup di dalam era digital dimana banyak data penting tersimpan di dalam smartphone. Buat pengguna Samsung, kamu mesti tau cara memindahkan data dari HP lama ke HP baru Samsung.

Memindahkan data memang menjadi kebiasaan yang harus dilakukan. Hal ini karena kamu mungkin ingin ganti ke tipe yang lebih baru yang punya teknologi lebih baik.

Salah satu merek dan tipe ponsel yang cukup populer di Indonesia sendiri adalah Samsung dimana kamu bisa dengan mudah memindahkan data pakai hp Samsung lho.

Cara Memindahkan Data Dari HP Lama ke HP Baru Samsung

Secara garis besar, kamu bisa memindahkan data dari Android ke Android tentu saja. Caranya pun terbilang mudah. Buat kamu yang pengguna Samsung, kamu juga bisa mengikuti Cara Memindahkan Data dari HP Lama ke HP Baru berikut ini.

Pemindahan data tentunya memerlukan waktu dan juga koneksi internet. Maka dari itu, sebelum memindahkan data alangkah baiknya jika kamu sudah memiliki koneksi internet yang cepat terlebih dahulu ya.

Memindahkan Data Pakai Samsung Smart Switch

Cara memindahkan data dari hp lama ke hp baru Samsung

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memindahkan data dari HP lama kamu ke HP baru adalah dengan menggunakan Samsung Smart Switch.

Aplikasi ini sendiri merupakan salah satu aplikasi unggulan besutan Samsung yang memang sengaja diluncurkan untuk pengguna smartphone Samsung.

Sebelum kamu masuk ke langkah langkahnya, alangkah baiknya jika kamu instal atau download aplikasinya melalui link berikut ini > Samsung Smart Switch <

  1. Instal terlebih dahulu aplikasi Samsung Smart Switch baik HP lama atau HP baru kamu.
  2. Buka aplikasi nya melalui ponsel kamu ya.
  3. Jika sudah, kamu bisa langsung masuk ke opsi Transfer Dari Perangkat Lama di HP baru kamu.
  4. Kemudian pilih opsi Transfer Dengan Cara Nirkabel  dimana ini bermaksud bahwa pemindahan data tidak memerlukan kabel sama sekali.
  5. Pilih HP lama kamu dari daftar perangkat yang terdeteksi di aplikasinya.
  6. Pilih data yang ingin kamu pindahkan misalkan seperti kontak, pesan, foto, musik atau media media lainnya.
  7. Tunggu hingga proses transfer selesai.

Gimana ? Mudah sekali bukan cara memindahkan data dari HP lama ke HP baru Samsung ? kamu hanya perlu satu aplikasi saja.

Namun, jika kamu tidak ingin menggunakan aplikasi tersebut, kamu tetap bisa memindahkan data dengan menggunakan cara yang kedua, yaitu dengan pakai akun Google.

Pakai Akun Google

Untuk cara yang kedua ini terbilang mudah dan sudah pasti fiturnya ada tanpa perlu instal atau download aplikasi tambahan.

Fiturnya sendiri ada di dalam pengaturan dan dapat dengan mudah ditemukan oleh semua pengguna Android dari berbagai macam merk dan juga tipe lho.

Jika kamu lebih tertarik pakai cara ini, maka kamu langsung bisa praktek.

  1. Backup terlebih dahulu akun Google di HP lama dengan cara mengaktifkan fitur Backup & Restore di pengaturan akun Google kamu.
  2. Jika sudah, maka di HP baru kamu, masuk dengan menggunakan akun yang sama persis dengan yang sudah kamu setting sebelumnya.
  3. Buka pengaturan akun Google tersebut.
  4. Pilih opsi Backup & Restore kemudian pilih akun google yang sama.
  5. Nanti akan ada pilihan data apa saja yang ingin kamu pulihkan.
  6. Sesuaikan data tersebut.
  7. Tunggu hingga proses selesai.

Menggunakan Penyimpanan Online

Ada cara selanjutnya yang bisa kamu pakai untuk memindahkan data dari HP lama ke HP baru kamu dengan lebih mudah. Namun, dibutuhkan koneksi internet yang sangat cepat agar tidak memakan waktu yang lama.

Jika kamu tidak punya koneksi internet yang cepat, itu juga tidak jadi masalah. Namun nantinya akan memperlambat proses pemulihan data saja.

  1. Buka aplikasi penyimpanan online seperti Google Drive, Dropbox atau OneDrive. Kamu juga bisa pakai aplikasi lain yang sejenis.
  2. Jika sudah, kamu bisa menyimpan data di penyimpanan online tersebut dengan cara Upload data ke dalam database aplikasinya.
  3. Jika sudah mengupload data yang dimaksud, kamu bisa langsung instal aplikasi di HP baru kamu.
  4. Masuk ke akun Google atau akun yang sama dengan yang kamu upload sebelumnya.
  5. Download kembali data yang sudah di simpan di dalam penyimpanan online tersebut.

Menggunakan Kabel USB

Terakhir, kamu bisa pakai cara memindahkan data dari HP lama ke HP baru Samsung dengan memakai kabel USB.

Cara ini terbilang manual dan sudah ketinggalan jaman. Selain itu, masih ada resiko lain kalau kamu pakai cara ini dimana kabel USB yang rusak bisa menyebabkan kehilangan data.

Namun, sebagai informasi, berikut cara memindahkan data menggunakan kabel USB.

  1. Hubungkan kedua ponsel pakai kabel USB.
  2. Aktifkan mode Transfer File di kedua ponsel tersebut.
  3. Di HP lama, kamu bisa buka folder File Manager dan cari folder yang berisikan data yang ingin dipindahkan.
  4. Pindahkan data ke folder yang sama di HP baru dengan cara Copy dan Paste. 
  5. Tunggu hingga proses selesai.

Itulah dia 4 cara termudah yang bisa kamu lakukan untuk memindahkan data dari HP Samsung kamu ke HP yang baru. Namun jika kamu pengguna Xiaomi, kamu bisa ikuti Cara Memindahkan Data dari HP Lama ke HP Baru Xiaomi.