Google Docs: 7 Manfaat Yang Perlu Diketahui Penulis

Google Docs: 7 Manfaat yang Perlu Diketahui Penulis, Manfaat dan Kegunaan google docs,
Mikrotekno.com - Google Docs: 7 Manfaat yang Perlu Diketahui Penulis

Mikrotekno.com – Sebagai seorang jurnalis, sulit memutuskan antara dua raksasa pengolah kata yang bersaing untuk mendapatkan perhatian, Google Docs dan Microsoft Word. Manakah yang memiliki fungsi dan alat terbaik untuk menulis artikel? Berikut adalah tujuh keunggulan yang membedakan Google Docs. Google Docs: 7 Manfaat Yang Perlu Diketahui Penulis.

Selama beberapa dekade, Microsoft Word telah menjadi pengolah kata pilihan bagi penulis di seluruh dunia. Sebagai alat pengolah kata pertama, generasi penulis telah tumbuh dengannya sejak tahun 1980-an. Baik dari sekolah, ke universitas, dan bahkan langsung ke ruang redaksi.

Namun seiring kemajuan teknologi, alat online yang lebih kolaboratif dan tersedia secara bebas telah muncul di pasaran. Beberapa menawarkan manfaat yang tidak dapat ditandingi oleh Microsoft – yaitu efisiensi yang lebih besar, fleksibilitas, dan fitur kolaboratif. Google Documents, misalnya, popularitasnya meroket. Pada 2019, G Suite (rumah Google Docs) mencapai 2 miliar pengguna aktif bulanan, menurut Google.

Perangkat lunak ini tak tertandingi kemampuannya untuk membantu jurnalis berkolaborasi dengan editor pada dokumen yang sama dalam tenggat waktu yang ketat. Ucapkan selamat tinggal pada “bolak-balik” yang membuang-buang waktu untuk mengirim email suntingan dokumen Word. Kamu juga dapat memanfaatkan sejumlah ekstensi Google Chrome untuk lebih merampingkan alur kerja editorial dengan banyak alat untuk menulis artikel.

Mari kita lihat lebih dekat manfaat hebat lainnya yang dapat dibawa Google Docs ke pekerjaan sehari-hari seorang jurnalis.

Baca Juga:

Apa Itu Google Docs?

Google Docs adalah alat pengolah kata gratis dari Google dan termasuk bagian dari G Suite, yang sepenuhnya kompatibel dengan Microsoft Word. Pengguna dapat membuat, melihat, dan mengedit dokumen secara online sambil berkolaborasi dengan rekan kerja secara real time – dari perangkat apa saja, di mana saja.

Nama AplikasiGoogle Docs
PengembangGoogle
Rilis Perdana9 Maret 2006
Sistem OperasiAndroid, iOS, macOS, Chrome OS
PlatformAplikasi Web
BahasaTersedia dalam 100 Bahasa
JenisPerangkat Lunak Kolaboratif
Pengolah Kata
Situs Webhttps://www.google.com/docs/about/
Google Docs

Apa manfaat dari Google Documents?

1. Sepenuhnya Kompatibel dengan Microsoft Word

Kamu dapat dengan mudah membuka dan mengedit dokumen Microsoft Word langsung di Google Docs dengan ekstensi Chrome yang praktis. Kamu juga dapat mengunduh dokumen Google sebagai dokumen Word (.docx) dan sebaliknya tanpa risiko mengubah pemformatan file.

2. Fungsionalitas Tambahan dengan Ekstensi Google Chrome

Kamu dapat menambahkan fitur baru ke Google Documents dengan mengunduh ekstensi Google Chrome di Chrome Web Store. Ini akan memungkinkan kamu untuk menyesuaikan pengalaman pengguna dan menambahkan fitur dan fungsionalitas tambahan ke dokumen.

Aplikasi tambahan sederhana ini dapat membuat seorang jurnalis menjadi lebih mudah. Dengan meningkatkan pengalaman pengguna, alat untuk menulis artikel ini dapat meningkatkan alur kerja editorial dan meningkatkan produktivitas persis seperti yang kamu butuhkan. Ada plugin dan ekstensi untuk apa saja.

3. Kemudahan Berkolaborasi

Google Dokumen memungkinkan tim mengakses dan mengedit dokumen yang sama pada saat yang sama dengan mudah. Sehingga tidak ada kebingungan tentang file mana yang merupakan versi terbaru. Kolaborator bahkan tidak memerlukan akun Google untuk melihat atau mengedit dokumen Google yang dibagikan.

Sifat interaktifnya memungkinkan kamu menambah dan menghapus kolaborator menggunakan tab Berkolaborasi. Dan mengontrol dengan tepat siapa yang dapat membuat perubahan pada dokumen yang dibuat. Kamu dapat mengobrol dengan orang lain secara langsung di dalam dokumen apa pun. Bisa juga menambahkan komentar dengan “+” alamat email mereka dan mereka akan mendapat notifikasi.

Pengeditan dapat dibatalkan dan dilihat dalam urutan yang sensitif terhadap waktu, komentar dapat diterima atau ditolak. Dan satu dokumen terpusat ini disimpan secara terus menerus dan otomatis selama keseluruhan proses, dari awal hingga akhir.

4. Mengakses Pekerjaan dari Perangkat Apapun

Dengan Google Docs, kamu tidak perlu khawatir tentang mengirimkan pekerjaan melalui email dan melihatnya nanti karena semuanya disimpan di Cloud. Kamu dapat masuk ke akun Google dan mengakses dokumen dari perangkat apa saja kapan saja.

Ini menambah tingkat fleksibilitas pada cara kamu bekerja. Kamu dapat menulis dan mengedit saat bepergian. Dan, fakta bahwa file tidak disimpan di komputer akan menghemat memori PC kamu.

5. Penyimpanan Otomatis

Semua perubahan secara otomatis disinkronkan di seluruh perangkat dan disimpan saat kamu sedang menulis. Jadi kamu tidak perlu lagi khawatir tentang hilangnya file. Kamu juga dapat melihat ‘riwayat revisi’ untuk melihat perubahan sebelumnya pada dokumen dan dibuat oleh siapa.

6. Dikemas dengan Fitur-fitur yang Bermanfaat

Program ini penuh dengan alat yang ampuh untuk menulis artikel. Misalnya, pengetikan suara (buka Alat (Tools) > Pengetikan suara), fungsi pemformatan yang jelas untuk memformat salin & tempel salinan dengan cepat. Berbagai font siap untuk diimpor dari Google Fonts, dan bookmark untuk menggulir lebih sedikit (buka Sisipkan > Bookmark). Ini hanyalah beberapa alat yang disematkan ke dalam Google Documents untuk membantu kamu bekerja dengan sebaik-baiknya.

7. Sepenuhnya Gratis

Tidak seperti perangkat lunak pengolah kata lainnya, seperti Microsoft Word, Google Docs gratis. Yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan akun Google dengan membuat email @gmail untuk mendapatkan akses ke G Suite. Dari sini, mudah untuk membuat dokumen pertama kamu.

Itu dia tujuh keunggulan yang membedakan Google Docs. Google Docs: 7 Manfaat Yang Perlu Diketahui Penulis.

Baca Juga:

Apa Itu Google Docs? Manfaat, Kegunaan, Fitur, Kelebihan Dan Kekurangannya

Frequently Asked Questions (FAQ):

Apakah Google Dokumen Gratis?

Tentu saja. Google Documents adalah pengolah kata berbasis web gratis di mana dokumen dapat dibuat, diedit, dibagikan, dan disimpan sebagai bagian dari rangkaian aplikasi web gratis Editor Google Documents. Platform produktivitas berbasis cloud juga mencakup Google Sheets, Google Slides, Google Drawings, Google Forms, Google Sites, dan Google Keep. Selengkapnya: Pengertian Google Docs

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Google Docs?

Bisa Kamu cek Di Kelebihan Dan Kekurangan Google Docs

Apakah Bisa Menggunakan Google Docs di HP?

Ya, Sangat bisa. Lihat Selengkapnya: Cara Menggunakan Google Docs Di Laptop, Android, iPhone & iPad

Bagaimana Cara Menggunakan Mandeley Di Google Docs?

Mendeley tidak mendukung Google Documents. Kamu tidak dapat menggunakan Mendeley untuk menyisipkan kutipan dalam teks yang diformat ke dalam Google Documents. Namun, kamu dapat membuat bibliografi menggunakan Mendeley Desktop. Caranya dengan Menyorot referensi di Mendeley, lalu menyeret & melepaskannya (Bisa juga dengan Copy dan Paste) ke Google Documents.

Apakah Bisa Menambahkan File Word ke Google Dokumen?

Ya tentu saja, Bisa kamu lakukan dengan cara Open file word dan upload ke Google Docs atau Google Drive.

Tinggalkan Komentar